5 Cara Mudah Untuk Melakukan Unroot Pada Smartphone atau Tablet Android

Untuk yang memiliki Android, root yaitu sesuatu yang cukup menguntungkan. Banyak sekali keunggulan yang Kalian dapatkan saat sistem Android sudah di-root salah satunya mendapatkan hak akses penuh dan performa yang lebih bagus. Tetapi, untuk sebagian orang, root merupakan hal yang rumit. Belum lagi bagi perangkat yang di-root karena akan membahayakan keamanan smartphone maupun tablet Kalian, dan Anda akan kehilangan garansi. Dan ini pasti akan sangat merugikan.

Apa Anda mempunyai smartphone maupun tablet yang sudah di-root dan ingin perangkat Anda kembali seperti semula? Ada banyak tutorial untuk melakukan  root Android di luar sana termasuk di Blog saya ini. Tapi, gak banyak yang membahas cara untuk melakukan unroot Android. Dan, ini dia tutorial unroot Android dengan aman.

5 Cara Mudah Unroot Tablet dan Smartphone Android Terbaru

  • Cara Unroot  Android Dengan SuperSU.
SuperSU adalah aplikasi yang sangat terkenal untuk mengatur perangkat yang suda di-root. Ada banyak fitur-fitur yang terdapat di aplikasi ini, termasuk unroot Android.
Caranya sangat praktis, pertama buka aplikasi SuperSU, lalu pilih Setting. Scroll ke bawah lalu pilih Full Unroot. Ikuti prosedurnya lalu smartphone maupun tablet Anda akan restart dengan sendirinya. Dengan demikian perangkat Anda akan kembali normal.
  • Cara Unroot Android dengan Mudah Dengan Aplikasi Lain
Pernah mempergunakan SuperSu sebagai alat unroot Android akan tetapi gagal? Gak usah khawatir, masih ada aplikasi lain yang bisa Kamu gunakan. Tapi sayangnya aplikasi ini gak berfungsi pada semua jenis perangkat Android.  adalah Universal Unroot. [Download Disini]
Aplikasi unroot HP ini mampusanggup|} menyingkirkan hak akses root di smartphone atau tablet Anda. Akan tetapi, pada aplikasi ini masih banyak kelemahannya seperti yang Saya terangkan tadi. Contohnya, aplikasi ini tidak bekerja pada Android Samsung dikarenakan kompilasi dengan KNOX. Juga pada LG, perangkat akan di-unroot tapi statusnya tetap rooted, karena adanya LG\'s eFuse. Dan lagi aplikasi ini berbayar sekitar 13 rbu rupiah.
  • Cara Unroot Android Dengan Menggunakan File Manager
Cara yang berikutnya adalah memakai file manager. Kali ini Kita akan menggunakan ES File Explorer (dengan menghidupkan akses root pada pengaturan). Caranya:
  1. Lakukan Akses Main Drive di Hp, lalu cari system. Lalu pilih bin. Dari situ, hapus busybox dan su. Apabila gak ketemu, pindah ke tahap selanjutnya.
  2. Kembali pada folder sistem  kemudian pilih xbin. Apabila filenya di situ, hapuslah busybox dan su.
  3. Kembali ke sistem folder lalu pilih app.
  4. Hapus superuser.apk.
  5. Restart Android Anda.
  • Cara Unroot Android Dengan Install OTA Update
Dengan cara ini, kalau Anda meng-install _update via_ OTA (Over The Air), maka akses root akan terhapus. Apabila Anda ingin Hp Anda tetap di-root, maka Anda harus melakukan root ulang. Apabila tidak, Anda tinggal biarkan saja. Kelemahan cara ini tentu saja Anda harus menunggu kapan update tiba. Dan jangan lupa untuk uninstall SuperSU dan aplikasi lain yang berhubungan dengan root.
  • Cara Unroot Android Dengan Install Stock Firmware
MengembalikanDengan instal firmware asli ponsel adalah cara yang sangat ampuh untuk melakukan unroot. Cara tersebut berhasil dengan baik dikarenakan firmware mempunyai semua software yang diperlukan. Akan tetapi, sayangnya di artikel ini gak ada tutorial secara khususnya, dikarenakan setiap Android mempunyai cara yang berbeda-beda untuk meng-install firmware. Dan Anda bias mencarinya di google sesuai dengan smartphone yang Anda pakai.
Baca Juga:
Nah, sekarang Anda sudah tau apa-apa sajakah yang diperlukan untuk melakukan unroot smartphone Android atau tablet Anda kan? Jadi smartphone atau tablet Anda sudah terhidar dari bahaya root.